Preview Tottenham vs Chelsea: Kurangi Kesalahan

Kamis, 4 Februari 2021 17:02

Jose Mourinho/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Jose Mourinho akan kembali memimpin Tottenham Hotspur menghadapi mantan klubnya, Chelsea. Error alias kesalahan meski dikurangi The Lilywhite jika tidak ingin malu lagi di Tottenham Hotspur Stadium.

Kesalahan individu khususnya di sektor pertahanan menjadi problem Spurs belakangan ini. Mourinho bahkan secara terbuka sudah menyatakan ketidakpuasannya pada kinerja sejumlah pemainnya. Khususnya pasca kekalahan dari Liverpool dan Brighton & Hove Albion.

Kalau melihat klasemen, Tottenham mungkin terlihat tidak memiliki masalah nyata di lini belakang. Dengan hanya kebobolan 21 gol, mereka menjadi klub dengan statistik pertahanan terbaik kedua. Hanya Manchester City yang kebobolan lebih sedikit dari mereka musim ini.

Namun, fakta memperlihatkan tren penurunan yang mengkhawatirkan. Dalam delapan pertandingan Premier League terakhir mereka, Spurs hanya mampu mencatatkan satu clean sheet. Itu jelas bukan fondasi yang kokoh untuk ambisi mereka menjadi penantang gelar.

Spurs yang di awal musim mampu mencatatkan clean sheet berturut-turut melawan Chelsea, Manchester City, dan Arsenal sebenarnya sudah mencoba beralih ke sistem lima bek di beberapa pertandingan terakhir. Akan tetapi mereka tetap saja kebobolan.

Bukan hanya pertahanan secara keseluruhan yang terlihat lebih rentan, tetapi kesalahan individu juga merugikan Spurs. Eric Dier, Joe Rodon, dan Hugo Lloris tampil buruk untuk tiga gol Liverpool, dua pekan lalu.

Komentar