Terduga Teroris di Makassar Ditangkap, Satu Orang Anggota FPI

Kamis, 4 Februari 2021 11:22

Proses Pemberangkatannya pun dikawal ketat oleh sejumlah aparat kepolisian bersenjata lengkap, yang diperkirakan berjumlah ratusan personel.

FAJAR.CO.ID, MAROS – Muncul fakta terbaru dalam penangkapan terduga teroris oleh Tim Densus 88 Antiteror di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Januari 2021 lalu.

Kapolda Sulsel, Irjen Merdisyam, mengatakan, dari 23 terduga teroris yang ditangkap di Makassar, satu orang di antaranya adalah kader Front Pembela Islam (FPI).

Fakta tersebut muncul pasca polisi melakukan penangkapan dan pemeriksaan sejumlah terduga ini, hingga terungkap satu orang di antaranya adalah kader Ormas terlarang itu.

“Sebagian tersangka yang diamankan di Makassar, merupakan anggota FPI. Dalam hasil pemeriksaan, ditemukan fakta bahwa FPI Makassar bersama dengan kelompok Anshor Daulah (JAD) di wilayah Makassar, dengan melakukan deklarasi mendukung ISIS dan dilanjutkan dengan baiat kepada ISIS,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Saat ini, lanjut Irjen Merdi, total ada 23 terduga teroris yang ditangkap dan tergabung dalam kelompok jemaah yang sama. Semuanya telah diberangkatkan ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air Boeing 737-900 ER.

Proses Pemberangkatannya pun dikawal ketat oleh sejumlah aparat kepolisian bersenjata lengkap, yang diperkirakan berjumlah ratusan personel.

“Pengamanan Terbuka (Pamka) sekitar 50 orang dari Sabhara Polres Maros, dan dari Polsek Bandara dari Kamtibmasnya 15 personel,” kata Koordinator PAM Polres Maros, Iptu Hamzah.

“Iya kayaknya begitu (ratusan personel gabungan dari Polda Sulsel). Karena dari Gegana dan Brimob,” sambung dia kepada wartawan. (Ishak/fajar)

Komentar