PMI Kota Makassar Krisis Stok Darah, Tinggal 525 Kantong

Jumat, 5 Februari 2021 21:23

Pelayanan di PMI kota Makassar (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PMI Kota Makassar kembali mengalami krisis stok darah. Hingga saat ini Stok darah di PMI Kota Makassar hanya mencapai 525 kantong. Angka itu jauh dibawah standar normal yaitu 1800 kantong.

“Sebelum masa pandemi itu ada sekitar 1800 stok kami, itu paling sedikit, sedangkan saat ini kita berada di angka 500an,” ujar Achmad Syauki, Kepala Seksi Humas & P2D2S UTD PMI Kota Makassar, Jum’at (5/2/2021).

Olehnya, dengan kondisi seperti ini, ia mengimbau masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya di PMI kota Makassar.

“Ini saat ini sangat amat dibutuhkan orang yang mau mendonor,” ucapnya.

Kurangnya minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya ditengarai akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Ia pun berharap masyarakat untuk tidak takut berdonor.

“Harapan kami masyarakat tidak takut untuk mendonorkan darahnya, meski di kondisi pandemi seperti sekarang. Di PMI adaji protokol sendiri untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pendonor,” harapnya.

Untuk menutupi kekurangan stok darah. PMI kota Makassar saat ini sedang mewacanakan kegiatan donor darah dengan melibatkan TNI dan Polri.

“Yang paling mungkin saat ini kita minta adalah cadangan strategis dari TNI dan Polri itu mereka mi yang paling bisa digerakkan,” pungkasnya. (mg5/fajar)

Komentar