Telepon dan Kamera Adalah Warisan Ilmuwan Islam Penghafal Alquran

Jumat, 5 Februari 2021 18:11

Muzammil Hasballah

FAJAR.CO.ID — HP yang ada dalam genggaman kita, sejatinya bersumber dari Al Qur’an yang digali oleh para ilmuwan Islam penghafal Qur’an. Kamera yang kita sering kita pakai di gadget kita juga demikian.

“Ilmuwan Islamlah yang mahfum dengan Al Qur’an yang memelopori penemuan penemuan terbesar bagi peradaban manusia. Jangan pernah berpikir bahwa itu semua bersumber dari ilmuwan barat. Mereka hanya mengcopy paste dan meneruskan dari ilmuwan kita,” tandas Muzammil Hasballah dalam kegiatan Virtual Guest Teacher Sekolah Islam Terpadu Al Biruni Mandiri Makassar, Jumat (5/2/2021).

Webinar daring dengan tema “Sharing to Learning” ini menggandeng Muzammil Hasballah, sosok pemuda tampan penghafal Alquran yang cukup viral di media soal dengan lantunan Alqurannya yang merdu. Muzammil hadir di ruang virtual via Zoom yang disaksikan secara live 366 siswa siswi dari tingkatan TK hingga SMA.

Alquran, lanjut Muzammil, adalah sumber inspirasi segala ilmu yang menggerakkan ilmuwan ilmuwan islam membuat penemuan penemuan yang memudahkan manusia. Muzammil mencontohkan, HP yang kita gunakan ilmu dasarnya adalah Matematika Algoritma.

Siapakah penemunya? adalah Muhammad bin Musa Al khawarizmi. Kemudian, kamera, penemunya adalah Ibnu Haitam. Beliaulah yang menemukan fisika optik yang digunakan dalam prinsip kerja kamera. Belum lagi Ibnu Sina penemu ilmu kedokteran yang diakui dunia, Al Jazari, penemu prinsip kerja roda dan masih banyak lagi ilmuwan Islam lainnya yang menjadi pionir pengetahuan.

Komentar