DPD REI Sulsel: KPR Skema Tabungan Perlu Sosialisasi

Sabtu, 6 Februari 2021 13:49

ILUSTRASI rumah subsidi. (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.COID, MAKASSAR— Karyawan bergaji Rp6 juta berpeluang mendapat subsidi uang muka perumahan hingga Rp40 juta.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN menyediakan KPR Subsidi skema BP2BT kepada masyarakat dengan penghasilan minimal Rp6 juta melalui bantuan uang muka hingga Rp40 juta untuk memiliki rumah.

Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, melalui skema KPR BP2BT, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memiliki hunian dengan bantuan hingga Rp40 juta dari pemerintah.

Dengan nilai bantuan tersebut, lanjut Hirwandi, juga akan mengurangi nilai angsuran KPR para MBR.

Ketua DPD REI Sulsel, M. Sadiq menegaskan, skema BP2BT saat ini baru bank BTN yang menyalurkan sejak dua tahun yang lalu.

“Hanya saja konsumen kurang familiar dan kurang tertarik skim ini karena bunga KPR diberlakukan komersial, tetapi keuntungannya ada maksimun dana Rp40 juta yang diberikan,” tegasnya.

Owner PT. Zarindah Grup ini ini menegaskan, semestinya pemerintah mengencangkan upaya sosialiasi.

“Ini kan skema-nya bagus, semestinya sosialiasi-nya harus diperkuat lagi,” bebernya.

Wakil Ketua Bidang Perbankan DPD REI Sulsel, Mustajab Mudji, menambahkan skema BP2BT menjadi opsi skema yang perlu digenjot sehingga masyarakat tak semuanya hanya mengharapkan skema FLPP.

“Kalau mau dihitung-hitung ini opsi bagus sebenarnya. Sudah ada Rp40 juta, jadi pokok pembayaran lebih murah. Ini ibarat nasi yang enak dan murah, tetapi tidak banyak yang paham,” imbuhnya. (muhclis/Fajar)

Bagikan berita ini:
4
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar