PMI Kota Makassar Sudah Terima 31 Pendonor Plasma Konvalesen

Minggu, 7 Februari 2021 10:00

Salah satu pendonor hendak mendonor plasma darahnya.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Donor plasma konvalesen masih sangat diharapkan. Sejauh ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar baru menerima 31 pendonor.

Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad mengatakan, jumlah tersebut masih sangat kecil melihat angka penularan di Kota Makassar yang terbilang besar.

“Plasma konvalesen ini memang sangat diharapkan. Apalagi, tidak sembarang pasien yang bisa diberikan. Harus atas rekomemdasi atau permintaan dokter,” ucapnya, Sabtu (6/2/2021).

Makanya, PMI Kota Makassar menyiapkan merchandise sebagai hadiah bagi penyintas Covid-19 yang telah mendonorkan plasma konvalesennya.

“Ada kaos terbatas yang hanya diberikan kepada orang yang telah mendonor,” imbuhnya.

Kepala UDD PMI Kota Makassar, dr Sukmawati mengatakan, plasma konvalesen ini sangat membantu proses penyembuhan pasien Covid-19. Namun, ketersediaannya masih sangat terbatas.

Para penyintas Covid-19 pun diharapkan bisa ikut andil menjadi relawan. Sebab, hanya penyintas yang bisa melakukan donor plasma konvalesen ini. Terutama bagi laki-laki.

“Itu pun harus melalui screening dahulu, karena tidak semua bisa lolos. Ada proses pengecekan titer antibodi dan sebagainya sebelum melakukan donor plasma konvalesen,” jelasnya.

Persyaratan lain yang mesti dilalui adalah memenuhi standar usia, yakni minimal 16 tahun dan maksimal 60 tahun. Berat badan juga begitu, minimal 55 kilogram. Mesti dipastikan juga tidak mengandung penyakit berbahaya.

Komentar