Jalan Mamminasata Masuk Proyek Strategis

Senin, 8 Februari 2021 14:34

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah meninjau proyek Bandara Buntu Kunik. (Dok. Humas Sulsel)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Maros, Makassar, Sungguminasa, dan Takalar akan makin terkoneksi. Proyek Bypass Mamminasata akan diubah menjadi jalan tol.

Prpyek Tol Mamminasata diinisiasi pemerintah pusat. Jika terlealisasi, kawasan metropolitan akan makin terhubung. Efek dominonya diharapkan menstimulasi tumbuhnya ekonomi kawasan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian daerah (Bappelitbangda) Sulsel Junaedi mengatakan proyek ini sudah disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dia terlibat rapat beberapa kali sebelum pusat memutuskan pembangunan Bypass Mamminasata berubah menjadi proyek tol.Tol Mamminasata berbeda dengan rencana Pemprov Sulsel membangun Tol Makassar-Bulukumba.

Pusat berencana membangun tol untuk menghubungkan wilayah Maros- Makassar, Gowa, dan Takalar. Untuk pembebasan lahan yang tersisa, Pemprov Sulsel siap terlibat memfasilitasinya.

“Untuk anggaran dan yang lain, murni dari pusat. Kami siap men-support,” kata Junaedi, Minggu, 7 Februari.

Tol Mamminasata melanjutkan proyek jalan yang sudah terbangun saat ini di Maros. Skemanya bukan lagi menggunakan anggaran pemerintah (APBN), melainkan dari investor atau skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Udaha (KPBU).

Pembangunan Lanjut

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bypass Mamminasata Satker Jalan Metropolitan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Leatemia Leonardo, mengatakan, tahun ini pembangunan ruas jalan yang sempat tersendat tersebut kembali berlanjut. Skemanya dibagi dalam dua penganggaran.

Komentar