Tim Transisi Danny – Fatma Ungkap Penyebab Banjir Kota Makassar

Senin, 8 Februari 2021 18:11
Belum ada gambar

Anggota Tim Transisi Danny-Fatma, Naidah Naing

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pertemuan reguler Tim Transisi Walikota dan Wakil Walikota Makassar terpilih Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi mengurai masalah tata ruang dianggap berkaitan dengan banjir di kota Makassar. Pada pertemuan kelima hari ini, Senin (8/2/2021).

Tim mengeksplorasi konsep yang bersifat alternatif untuk mengurangi potensi penyebab banjir yang datang setiap tahun.

DR Naidah Naing, salah satu anggota tim transisi mengatakan bahwa Kota Makassar memiliki potensi genangan air di beberapa tempat saat musim hujan. Menurutnya, hal ini disebabkan faktor fisik wilayah yang kondisi geografisnya berada di dataran rendah.

“Sebagian tempat itu adalah darah resapan air seperti rawa, sawah. Saat sekarang berubah menjadi permukiman karena desakan kebutuhan hunian,” kata dosen arsitek Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini, Senin (8/2/2021).

Naidah menjelaskan bahwa konsep tata ruang Makassar ke depan dalam mengatasi banjir, harus berorientasi “liveable” dan “resilient city” (kota yang nyaman dan memiliki daya tahan). Untuk itu, katanya, sebainya didorong penanganan fisik di setiap titik banjir berdasarkan “existing condition” (kondisi) lahan.

“Kita bisa memanfaatkan kembali fungsi kanal sepanjang 20 kilometer yang membelah Kota Makassar, sebagai daerah penampungan air yang juga bermuara ke laut. Selama ini kan belum berfungsi baik, karena menjadi tempat pembuangan sampah warga,” ujar ahli tata ruang ini, menambahkan.

Bagikan berita ini:
1
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar