Bantuan UMKM Berlanjut, Teten Masduki Sebut Usulan Anggaran Rp29,21 Triliun

Selasa, 9 Februari 2021 10:44

Menkop UKM RI Teten Masduki (DOK.JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengungkapkan tiga program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)yang akan ditujukan untuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Total usulan sebesar Rp29,21 triliun,” ujar Teten dalam Rapat Kerja dengan Komite IV DPD RI, secara virtual, Senin (8/2/2021).

Pertama, Teten menjelaskan, Kemenkop UKM menyediakan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 sebesar enam persen.

Adapun rinciannya terdiri dari pagu anggaran (Reguler) sebesar Rp14,84 triliun.

“Kebutuhan anggaran tambahan regular juga ditambah untuk penanggulangan Covid-19 sebesar Rp11,05 triliun,” katanya.

Kemudian, pembiayaan Program Investasi Melalui Koperasi (PIMK) dirancang dengan usulan anggaran sebesar Rp1 triliun dan target sebesar Rp1 triliun.

“Juga, program KUR Bunga nol persen dengan usulan anggaran sebesar Rp2,32 triliun dan targetnya untuk lima juta usaha mikro,” kata Teten.

Menurut Teten, program PEN UMKM harus dilanjutkan, karena berdasarkan Survei Dampak Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Bank BRI 2020, 72 persen responden menyatakan membutuhkan tambahan modal usaha.

“Dari responden yang membutuhkan tambahan modal usaha, sebagian besar membutuhkan tambahan modal sekitar Rp2 juta hingga Rp5 juta (41,3 persen) dan membutuhkan tambahan modal sekitar Rp5 – 10 juta (21,3 persen),” katanya.

Berdasarkan Survei Dampak Program PEN terhadap UMKM oleh Lembaga Demografi- LPEM FEB UI (Desember 2020), disebutkan sebanyak 99 persen UMKM responden yang ikut mendaftar sudah menerima bantuan.

Komentar


VIDEO TERKINI