Perayaan Malam Tahun Baru Imlek 2021 di Jalan Sulawesi Tidak Dilaksanakan

Selasa, 9 Februari 2021 15:49

Pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Makassar tiap tahunnya digelar di Jalan Sulawesi, yang berpusat di Klenteng Xian Ma.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Makassar tiap tahunnya digelar di Jalan Sulawesi, yang berpusat di Klenteng Xian Ma. Merebaknya pandemi Covid-19, hal itu tidak akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya.

Pengurus Klenteng Xian Ma, Vihara Istana Naga Sakti, telah memasang papan pemberitahuan bahwa perayaan tahun baru Imlek tahun ini ditiadakan.

“Kegiatan malam Tahun Baru Imlek 2572 tahun ini ditiadakan. Jam operasional Klenteng Xian Ma pada hari Kamis 11 Februari 2021 ditutup pukul 17.00 WITA” tulis pemberitahuan, samping pintu masuk Klenteng.

Meskipun perayaan Tahun Baru Imlek ditiadakan, umat tetap bisa menyalakan lilin ketentraman, “Para umat yang mau menyalakan lilin ketentraman, tetap bisa nyalakan sendiri, dan pegawai klenteng Xian Ma tetap standby di lokasi” imbuh pemberitahuan pengurus klenteng.

Salah seorang yang bekerja di Klenteng, Hwa Chau mengatakan, suasana Klenteng seperti pada umumnya kerena perayaan Tahun Baru Imlek mendatang ditiadakan, dan sudah dipasang papan pemeberitahuan bahwa malam tahun baru Imlek tidak akan dilaksanakan.

“Imlek tahun lalu masih ramai, tapi tanggal 12 nanti ini, tidak bisa, dilarang kumpul-kumpul, seperti hari biasa, jam 5 disini sudah tutup” tutur Hwa Chau, saat ditemui di Klenteng Xian Ma, Jalan Sulawesi, Senin (8/2/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, dalam maklumat tersebut akan berakhir pada hari ini, 9 Februari. Akan tetapi, kabarnya PKM akan diperpanjang sesuai perkembangan kondisi pandemi Covid-19.

Komentar