Agar Baterai Smartphone Awet, Begini Caranya

Rabu, 10 Februari 2021 08:20

Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Batre atau baterai adalah sumber dari berbagai perangkat mobile yang kita gunakan, salah satunya smartphone Anda.

Namun seiring waktu, kemampuannya untuk menyimpan daya tidak lagi maksimal. Penyebabnya, adalah kebiasaan yang salah dalam melakukan pengisian daya.

Tidak ingin ini kejadian pada Anda, berikut cara ngecas batre ponsel yang bisa Anda lakukan, untuk menjaganya lebih awet seperti dilansir Android Authority.

• Tak perlu tunggu hingga 100 persen

Ya, batre berbasis lithium-ion, akan lebih bagus apabila di charge dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Dengan begini, umurnya akan jauh lebih panjang.

• Jangan tunggu habis

Anda tidak perlu menunggunya hingga habis baru diisi ulang. Caslah setiap ada kesempatan.

• Jangan biarkan tercolok semalaman

Yang satu ini memang agak kontroversial. Ada yang mengatakan tidak masalah, namun pendapat lain mengatakan, membiarkan ponsel tercolok semalaman, dapat mempengaruhi lapisan dari metalic lithium batre yang Anda gunakan. Akibatnya, dapat mempengaruhi usia dari batre itu sendiri.

• Berhenti sebelum 100 persen

Ketimbang membiarkannya hingga 100 persen dalam sekali charge, berhenti di 80 persen, lalu biarkan hingga seratus persen pada charge kedua (di lain kesempatan), dan ulangi lagi seterusnya.

(ruf/fin)

Komentar