Anies Klaim Penanganan Banjir Sudah Optimal

Rabu, 10 Februari 2021 10:27

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperpanjang PSBB Transisi selama dua pekan ke depan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau langsung kondisi banjir di RW 04 dan 03 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. Wilayah tersebut diketahui rutin menjadi langganan banjir. Bahkan tahun lalu air menggenang hingga 3 meter.

Anies mengklaim, penanganan banjir di lokasi tersebut sudah optimal. Menurutnya, kampung yang berada di bantaran Kali Sunter tersebut tidak terendam banjir separah tahun lalu.

“Alhamdulillah saat ini kita berada di RW 04 kelurahan Cipinang Melayu, tempat kita berdiri saat ini biasanya kalau musim hujan akan terjadi banjir yang amat tinggi, bahkan di tiang listrik ini diberikan penanda muka air sampai 2,5 meter, tahun lalu 3 meter,” kata Anies kepada wartawan, Rabu (10/2).

Anies mengatakan, kunci keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menanggulangi banjir di Kampung Cipinang Melayu adalah memberikan perhatian dan penanganan dari hulu Kali Sunter. Pemprov DKI melakukan berbagai pengerukan dengan mengerahkan 15 eskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi terkendali.

“Ikhtiar kita adalah dengan melakukan pengerukan Waduk Rangon dan Waduk Tiu di sisi selatan Jakarta Timur. Lalu kemudian disiapkan sodetan khusus sehingga air sungai dialirkan dan ditahan di waduk, baru mengalir ke sini dengan volume debit yang terkendali,” ucapnya.

Komentar