Hambur-hamburkan Uang Dolar ke Lantai, KPI Tegur Acara Nikita Mirzani

Rabu, 10 Februari 2021 18:59
Belum ada gambar

Nikita Mirzani

FAJAR.CO.ID — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur program Nih Kita Kepo Trans TV yang dipandu Nikita Mirzani.

Teguran ini dilayangkan lantaran acara tersebut dinilai tidak mengindahkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 tentang perlindungan terhadap anak dan remaja dalam aspek isi siaran.

Hal itu ditegaskan KPI Pusat dalam surat teguran tertulis untuk Trans TV, Jumat (5/2/2021) lalu, dan dimuat di laman resmi KPI (kpi.go.id), Selasa (9/2/2021).

Pelanggaran “Nih Kita Kepo” yaitu menampilkan koleksi barang-barang branded dan mewah Indra dan Vanessa berupa topi, kalung, jam tangan, cincin, sepatu, baju dan mobil. Barang-barang mewah tersebut oleh mereka dipandang sebagai barang yang “murah banget”.

Terdapat pula adegan seorang wanita yang menjadikan beberapa tas koleksinya sebagai bantal untuk tidur dan uang dolar yang dihambur-hamburkan ke lantai.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menyatakan tayangan seperti ini sama sekali tidak memberikan pembelajaran yang baik dan bermanfaat terlebih bagi anak dan remaja. “Di mana sisi positifnya dari tayangan tersebut. Jika gambaran ini dapat memotivasi mestinya dari bagaimana kesuksesan tersebut diperoleh. Bukan cara melebih-lebihkan memamerkannya atau dengan menyebarkan uang-uang tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mulyo, Tim Analis KPI Pusat menemukan beberapa pernyataan yang dianggap kurang sensitif terhadap masyarakat kelas bawah.

Bagikan berita ini:
2
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar