‘Harta Karun’ Gua Bubau di Enrekang Belum Sepenuhnya Terungkap

Rabu, 10 Februari 2021 13:29

Lo’ko (Gua) Bubau

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Di tanah Celebes, terdapat suatu wilayah dengan topografi yang unik. Terbentuk dengan kondisi geologi yang didominasi oleh karst, tebing curam, dan dinding tegak vertikal membuat wilayah ini menyimpan 1001 rahasia kehidupan bawah tanah yang menarik untuk diungkap.

Namanya Lo’ko (Gua) Bubau, terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, berjarak kurang lebih 230 kilometer dari Kota Makassar. Perjalanan panjang dari Makassar menuju Enrekang kurang lebih menghabiskan delapan jam.

Pada tahun 2012 setelah gua ini ditemukan, warga sempat menjadikan Lo’ko Bubau sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk umum. Setahun berikutnya, ribuan orang tercatat telah mengunjungi tempat ini.

Sayangnya pihak pengelola yang mengesampingkan keselamatan gua membuat kondisi Lo’ko Bubau memburuk dan tak terawat.

Usai menjadi lokasi wisata yang digandrungi pengunjung selama setahun gua ini beralih fungsi sebagai lokasi pendidikan pecinta alam. Strategis dengan sungai yang mengalir tak jauh dari mulut gua membuat Bubau menjadi lokasi favorite pelatihan survival.

Bubau memang menyimpan ‘harta karun’ luar biasa. Masih banyak sudut ruang di dalamnya yang belum terjamah. Sejarahnya belum sepenuhnya terungkap. Dan apa yang tertinggal di dalamnya, bisa menjadi pembelajaran bagi siapa saja yang menaruh rasa kagum terhadap kekayaan Indonesia. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
6
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar