Kelelawar Pembawa Virus Mirip Covid-19 Ditemukan Peneliti

Rabu, 10 Februari 2021 09:18

Ilustrasi hewan Kelelawar (Pixabay)

FAJAR.CO.ID – Sejak kemunculan virus Korona penyebab Covid-19 pada Desember 2019 di Wuhan, kelelawar selalu dikaitkan sebagai hewan pembawa virus untuk ditularkan ke manusia. Peneliti dari Singapura meyakini jenis kelelawar itu adalah kelelawar tapal kuda. Bukan di Tiongkok, kelelawar jenis itu kali pertama ditemukan di Thailand.

“Kelelawar yang membawa virus Korona yang sangat mirip dengan yang menyebabkan Covid-19 telah ditemukan di luar Tiongkok. Jadi pandemi tersebut mungkin tidak selalu berasal dari negara tersebut,” kata para ilmuwan dalam sebuah studi terbaru seperti dilansir dari Straits Times, Rabu (10/2).

“Kemungkinan virus itu tiba di kota Wuhan dari tempat lain,” kata ahli dari Sekolah Kedokteran Duke-NUS di Singapura dan salah satu rekan penulis studi tersebut, Profesor Wang Linfa.

Studi yang diterbitkan pada Selasa (9/2) di jurnal bergengsi Nature Communications, telah menemukan virus Korona pada kelelawar tapal kuda Rhinolophus acuminatus di Thailand 91,5 persen mirip dengan Sars-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Sejauh ini, kerabat terdekat dengan Sars-CoV-2 telah terdeteksi pada kelelawar tapal kuda Rhinolophus affinis di provinsi Yunnan, Tiongkok, dengan kemiripan genetik 96,2 persen.

Dalam studi lain yang diterbitkan pada Januari, para peneliti juga menemukan kelelawar tapal kuda Rhinolophus shameli di Kamboja. Yakni virus Korona 92,6 persen mirip dengan Sars-CoV-2.

Komentar