Manjur! Tiongkok Beberkan Daftar Obat Tradisional untuk Pasien Covid-19

Rabu, 10 Februari 2021 10:01

Yi Fanping, Science and Technology Counselor Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, menjelaskan kombinasi metode pengobatan Barat dan pengobatan tradisional merupakan ciri khas solusi Tiongkok. (Kedubes Tiongkok)

FAJAR.CO.ID — Pengobatan tradisional Tiongkok atau Chinese Traditional Medicine (TCM) sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Dan ternyata Tiongkok juga menggunakan kombinasi TCM untuk penyembuhan pasien Covid-19 sejak awal pandemi muncul di Wuhan.

Science and Technology Counselor Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Yi Fanping menjelaskan kombinasi metode pengobatan Barat dan pengobatan tradisional merupakan ciri khas solusi Tiongkok. Obat dan metode pengobatan tradisional memainkan peran penting dalam penanganan Covid-19.

“Pada awal pandemi, pasien di Wuhan melakukan karantina terpusat, menggunakan obat tradisional Tiongkok untuk mencegah virus menular,” katanya dalam keterangan virtual, Selasa (9/2).

Di rumah sakit modular, Yi menyebut digunakan metode komprehensif Barat dan tradisional. Dan ternyata Tiongkok lebih fokus pada metode pengobatan tradisional, termasuk pada pasien gejala ringan hingga pasien dengan gejala berat.

“Terhadap pasien gejala berat, diutamakan metode Barat dan metode tradisional sebagai pendamping, lalu jumlah kasus meninggal menurun,” lanjutnya.

Setelah penelitian dan pemilihan dilakukan, ada obat-obatan TCM yang digunakan di Tiongkok untuk pengobatan pasien Covid-19. “Terbukti efektif berdasarkan penelitian,” ungkap Yi. Berikut daftarnya:

  1. Jinhua Qinggan Granul
  2. Lianhua Qingwen Capsule/Granule Xuebijing Injection
  3. Lung Cleansing and Detoxifying Decoction
  4. Huashibaidu Formula
  5. Xuanfeibaidu Formula. (JPC)

Komentar