Program Polri Presisi, Begini Dukungan 3 Asosiasi

Kamis, 11 Februari 2021 10:17

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat bersilaturahmi ke Rabithah Alawiyah. Foto: Antara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memiliki program transformasi menuju Polri yang Presisi, yaitu pemolisian yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan.

Implementasi kepolisian prediktif atau predictive policing harus dapat memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan, yang tentunya didukung dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi.

Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) dan Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI), menyampaikan dukungan dan rekomendasi teknologi keamanan dan informasi untuk Polri Presisi.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam sebuah Webinar yang dibuka oleh Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Edy Murbowo mewakili Kakorbinmas Polri Irjen Suwondo Nainggolan.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Dirbinpotmas, Kakorbinmas menyampaikan salah satu program Polri yang diamanatkan oleh Kapolri adalah peningkatan kemampuan Pam Swakarsa dengan penerapan Teknologi Informasi untuk mempermudah tugas-tugas kepolisian dalam menjaga keamanan ketertiban.

Dalam kesempatan Webinar ini, Ketua Umum ATISI Sanny Suharli, menyampaikan pentingnya pemahaman teknologi sekuriti sesuai dengan jenjang profesi Pam Swakarsa.

Selanjutnya, Ketua Umum ABUJAPI Agoes Dermawan menyampaikan catatannya bahwa lapangan pekerjaan di era digital membutuhkan tranformasi digital.

Senada dengan Agoes Dermawan, Ketua Umum APSI Abdul Azis Said menegaskan kompetensi Pam Swakarsa perlu dilengkapi dengan peralatan sekuriti terbaik.

Komentar