Rp89 Miliar Anggaran Direfocusing, Andi Fahsar: Kesehatan Masyarakat yang Utama

Kamis, 11 Februari 2021 16:31

Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi

FAJAR.CO.ID, BONE — Presiden RI Joko menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kabinet, Kementerian, Lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada Tahun Anggaran 2021.

Merujuk SE-2/PK/2021 tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan dana desa TA 2021 untuk penanganan pandemi COVID-19. Selain itu kebijakan vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Bone harus melakukan refocusing sebanyak Rp89 miliar. Anggaran yang direfocusing itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) sekira Rp82 miliar. Sedangkan untuk Dana Insentif Daerah (DID) kurang lebih Rp2 miliar.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengiyakan refocusing tersebut, apalagi tidak mudah untuk menolak petunjuk pemerintah pusat tersebut.

“Ini uangnya tidak ditarik. Hanya diparkir saja. Kalau dianggap nanti dibutuhkan baru dipakai. Kalau tidak akan dikembalikan sama dengan tahun lalu,” katanya Kamis (11/2/2021).

Meski banyak orang yang mengatakan untuk pemulihan ekonomi, namun bagi bupati dua periode itu tetap bersikukuh untuk menjaga kesehatan warganya. “Kesehatan masyarakat yang utama,” jelasnya. (agung/fajar)

Komentar