Terbukti Lagi, Mardani PKS ke Jokowi: Lihat Masyarakat Semakin Takut Berpendepat

Kamis, 11 Februari 2021 21:39

Mardani Ali Sera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan seharusnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sadar dan melihat bahwa saat ini masyarakat takut dalam menyampaikan pendapat.

Hal itu usai maraknya kasus pelaporan tokoh-tokoh publik yang dianggap mencemarkan nama baik suatu instansi, khususnya instansi Pemerintah.

“Semestinya Presiden Joko Widodo @jokowi melihat kenyataannya bahwa masyarakat semakin takut dalam berpendapat. Apalagi menyampaikan kritik kepada pemerintah,” tulisnya di akun twitter pribadinya, Kamis (11/2/2021).

Anggota DPR RI ini bahkan berpendapat UU ITE harus segera direvisi karena banyak pasal karet yang dapat membuat masyarakat enggan mengemukakan pendapat di muka publik.

“Perlu ada revisi UU ITE karena banyak pasal karet yg membuat masyarakat takut menyampaikan kritik,” lanjutnya.

Terakhir, cuitan Penyidik senior KPK, Novel Baswedan dipermasalahkan. Cuitan tersebut kemudian dilaporkan oleh DPP Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa mitra Kamtibmas (PPMK) ke Bareskrim.

Novel disangkakan melakukan ujaran kebencian atas meninggalnya Ustaz Maaher At-Thuwailibi atau Soni Eranata di Rumah Tahanan Bareskrim, Senin (8/2/2021).

Pelaporan tersebut juga ikut dikomentari Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Syadat Hasibuan. Gus Umar bahkan menyebut saat ini sangat mahal berpendapat di Negara ini.

“Baru sehari yang lalu minta dikritik sekarang sudah laporkan Novel Baswedan ke Polisi pakai UU ITE. Mahal sekali sekarang berpendapat di Negara ini,” cuitnya. (mg5/fajar)

Komentar