Terkait Pemanggilan Anggota Satpol PP Makassar, Polisi Bilang Baru Sebatas Saksi

Kamis, 11 Februari 2021 23:32

Massa AUHM Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Tiga anggota Satpol PP Kota Makassar telah menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Makassar, Kamis (11/02/2021). 

Pemanggilan itu akibat aksi unjuk rasa yang digelar ratusan pekerja hiburan malam di Kantor Balai Kota Makasar, Jalan Ahmad Yani, Rabu kemarin.

Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKP Sugeng yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa status ketiga personel Satpol PP yang dipanggil masih sebatas saksi. 

“Oh iya, itu baru tahap pemeriksaan saksi-saksi,” ujar AKP Sugeng kepada Fajar.co.id, Kamis (11/2/2021).

Sugeng menerangkan, pemanggilan personel Satpol PP itu guna menindaklanjuti pelanggaran protokol kesehatan (prokes) covid-19. 

“Jadi merujuk pada Perwali nomor 51–53. Juga Surat Edaran Pj Walikota Terkait PPKM, dan Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan sehingga kami melakukan pemanggilan terhadap mereka,” katanya.

Selain personel Satpol PP, kata Sugeng, pihaknya juga memanggil beberapa pihak penanggungjawab aksi unjuk rasa tersebut. Termasuk Ketua AUHM Makassar, Zulkarnain Ali Naru.

“Kami memeriksa sejumlah saksi ini untuk mempelajari keterangan dari mereka. Karena semua kegiatan yang dianggap melanggar itu akan kita tidak lanjuti. Kita akan upayakan hari ini sudah selesai untuk menentukan siapa yang bisa dijadikan tersangka,” tutupnya. (MG7/fajar)

Komentar