Ternyata, Oknum Satpol PP yang Dilaporkan ke Polisi Atas Perintah Pj Wali Kota Makassar

Kamis, 11 Februari 2021 17:49

Satpol PP Makassar sedang menegakkan aturan prokes. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kabid hubungan Antar lembaga Kesbangpol Makassar, Haeruddin diduga melaporkan sejumlah anggota personel Satpol PP ke pihak kepolisian. Laporan itu buntut pelanggaran protokol kesehatan demo AUHM kemarin.

Atas laporan tersebut, empat orang anggota Satpol PP Makassar diperiksa Polrestabes Makassar.

Sekretaris Satpol PP Makassar, Muh Iqbal Asnan membenarkan anggotanya diperiksa. Kata dia, Haeruddin melapor atas suruhan Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin.

“Pengakuannya Haeruddin, dia melapor atas perintah Pj Wali Kota (Rudy Djamaluddin),” ungkapnya saat dihubungi, Kamis (11/2/2021).

Adanya laporan tersebut membuat Iqbal kaget. Seharusnya, terkait demo leading sektornya Kesbangpol. Sedangkan Satpol PP hanya membantu.

“Saya heran, kalaupun ini terkait kesaksian. Bukankah pengamanan demo itu kan di kesbangpol bukan kami,” kata Iqbal.

“Satpol PP itu membantu kesbangpol. Dalam hal pengamanan aksi demo. Ini kita heran juga, amburadul ini barang. Saya tidak tau itu,” lanjutnya.

Atas kejadian itu, Iqbal mengaku hanya bisa menjalani proses dan mendampingi anggotanya yang dipanggil. Hingga pemeriksa selesai.

“Kita dampingi saja yang dipanggil. Sebagai warga negara hukum, mereka hadiri tadi didampingi dan sudah selesai,”pungkasnya.

Sementara itu, Haeruddin membantah dirinya melaporkan satpol PP ke pihak kepolisian. Menurutnya hal tersebut tidak masuk akal. Mengingat satpol PP bagian dari Pemkot Makassar.

Komentar