Soal Kudeta di Partai Demokrat, Marzuki Alie: KLB Hal yang Biasa Saja

Jumat, 12 Februari 2021 16:31

Marzuki Alie. (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie menjelaskan perihal isu terlibatnya ia dalam upaya pelengseran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono atau AHY.

Pada bincang bersama Akbar Faisal di Akbar Faisal Unsensored, Mantan Ketua DPR RI itu menegaskan tidak pernah terlibat dalam proses upaya kudeta seperti yang difitnahkan.

Meski begitu, kata dia, pelengseran Ketua Umum jika memenuhi syarat di dalam partai politik merupakan hal yang biasa saja.

“Walaupun saat saya tidak terlibat dalam konteks kudeta, saya gak ngerti soal kudeta. Kudeta gak ada dalam partai politik, yang ada itu KLB (Kongres Luar Biasa). Kalau memenuhi syarat, memenuhi AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) yah KLB itu hal yang biasa saja,” jelasnya.

“Jadi KLB bukan sesuatu hal yang diharamkan. Tidak diharamkan sepanjang itu memenuhi persyaratan,” sambungnya.

Marzuki menjelaskan, dinamika dalam kepengurusan partai pasti beragam. Maka wajar jika banyak opini ataupun argumentasi yang keluar ke publik juga bermacam-macam, termasuk soal dirinya yang dituding terlibat dalam proses kudeta.

“Ngurus partai gak mudah, rentan perpecahan, banyak kepala, banyak cita-cita, ada adu argumentasi, nah itu yang muncul di ruang publik,” ucapnya.

“Tapi tidak ada satu fakta pun saya ikut-ikutan. Cuma indikatif saja,” ungkap Marzuki.

Adapun isu kudeta di tubuh Demokrat berawal dari ungkapan AHY. Meski tak menyebut nama, Marzuki sempat dituding terlibat.

Komentar


VIDEO TERKINI