Tunggu Angpau, Warga Berkerumun di Sekitar Klenteng

Jumat, 12 Februari 2021 18:29

Kelenteng Xian Ma, kota Makassar (Ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Perayaan Imlek di Indonesia tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini masyarakat terpaksa merayakan Imlek dengan tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Meski demikian, warga tidak menyerah untuk tetap melakukan kerumunan di sejumlah kelenteng seperti yang terjadi di Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma, kota Makassar.

Sejumlah warga duduk di depan kelenteng menunggu diberikan angpau. Menurut salah seorang warga, Nursia, yang duduk menunggu angpau di depan Xian Ma, mengatakan bahwa aktivitas seperti ini sudah rutin dilakukan setiap perayaan Imlek.

“Setiap tahun. Kemarin tidak. Baru hari ini aku datang. Tunggu angpau kalau dikasi. Kemarin ada, tapi aku nda datang. Ini baru aku datang,” kata Nursia, kepada Fajar, Jumat (12/2/2021).

Lebih lanjut Nursia menjelaskan, ia biasa menunggu hingga pukul 17.00 wita. Adapun jumlah angpau yang diterima untuk hari ini baru sekitar Rp 50 ribu. Terbilang lebih rendah dibanding tahun kemarin.

“Sama makan mi anak-anak, beli bakso apa. Adami 50 sama anak-anak ini. Biasa sampai jam 5, jam 5 sore lah. Yang ini tahun sama sekali kurang. orang Cina kurang tidak semacam tahun lalu. Dua kali ma saya disini,” tuturnya.

Nursia mengakui, bahwa ia dan teman-temannya sempat ditegur oleh pihak kepolisian karena aktivitas yang memadati kelenteng tersebut. Namun, ia tetap kembali menunggu berkah imlek dengan berharap diberikan angpau. “Tadi ada yang tegur polisi,” pungkasnya.

Komentar