Beredar Isu Upah Guru Honorer Batal Naik, Begini Respons Wakil Ketua DPRD Sulsel

Sabtu, 13 Februari 2021 10:40

Ni'matullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – – Rumor santer beredar soal pembatalan kenaikan upah guru honorer dari Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu per jam dibantah legislator Sulsel. Hal ini menjadi keresahan puluhan ribu guru honorer di Sulsel.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah menyebut telah membuka dokumen APBD 2021, lalu melakukan koordinasi ke Bappeda, BKAD dan dinas Dinas Pendidikan Sulsel tentang hal tersebut.

“Maka saya tegaskan, bahwa info dan kabar itu tidak tepat. Kenaikan honor untuk para guru honorer tetap akan dibayarkan sebesar Rp15 ribu per jam pada tahun 2021 ini,” kata Ni’matullah, Jumat malam (12/2/2021).

Meski begitu, dia mengakui jumlah anggaran yang diplot itu tidak cukup, karena memang dianggarkan hanya untuk sembilan bulan. Kekurangannya akan disesuaikan atau ditambahkan pada APBD Perubahan 2021 ini.

“Lagi pula pemprov juga akan melakukan screening, semacam evaluasi terhadap guru honorer memastikan jumlah tenaga honorer yang terhitung masih aktif,” bebernya.

Ia menyampaikan soal guru honorer ini memang menjadi atensinya, karena ia juga lah yang memperjuangkan kenaikan tersebut dalam rapat terbatas pimpinan DPRD, Banggar dan pihak TAPD Pemprov Sulsel. “Sehingga soal ini pasti saya akan kawal penuh realisasinya,” bebernya. (nsrn/fajar)

Komentar