JK Ikut Tanyakan Soal Kritikan ke Pemerintah, Begini Respons Ruhut Sitompul

Sabtu, 13 Februari 2021 10:57

Ruhut Sitompul. Foto: Ricardo/jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat terus mengkritik pemerintah.

“Presiden mengumumkan, silakan kritik pemerintah. Tentu banyak pertanyaan, bagaimana caranya mengkritik pemerintah tanpa dipanggil polisi?” kata Jusuf Kalla dalam acara diskusi virtual yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jumat (12/2/2021).

Hal itu tersebut, kata Jusuf Kalla (JK), harus diupayakan agar kritik terhadap pemerintah tidak berujung pada pemanggilan oleh kepolisian.

Menurut JK, kritik sangat diperlukan dalam pelaksanaan sebuah demokrasi. “Harus ada check and balance. Ada kritik dalam pelaksanaannya,” katanya.

Pernyataan JK itu mendapat balasan dari politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ruhut Sitompul.

Menurutnya, pemerintah butuh kritikan bukaan fitnah atau hujatan. Sebab, jika ujaran kebencian yang diungkapkan, maka akan bersoal hukum.

“JK tanyakan bagai mana mengkritik tdk dipanggil Polisi, jawabannya harus bisa membedakan mana itu Kritik yg Keras & Pedas ini baik sangat ditunggu beda dgn Ujaran Kebencian Fitnah & Menghujat dgn melanggar hukum ini yg dilarang bisa berurusan dgn Polisi,” tulis Ruhut di akun Twitternya, Sabtu (13/2/2021). (msn/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI