Mirip Seragam Polri, Mulai Digunakan Satpam Juni Mendatang, Ini Perbedaannya

Sabtu, 13 Februari 2021 13:58

Seragam baru Satpam (sumber Facebook)

Lebih jauh, Ambang mengatakan, untuk proses pendistribusian seragamnya pada Satpam sedang berlangsung. Termasuk pada Satpam yang ingin memesan khusus bisa melalui aplikasi SatpamHebat. Bahkan kata dia, di Makassar sendiri sudah ada beberapa lokasi usaha yang mulai menerapkan pemakaian seragam tersebut.

“Sudah mulai di distribusikan, bahkan ada beberapa lokasi sudah mulai pake seragam itu,” sebutnya.

Namun sebelum menggunakan seragam tersebut, Ambang mengatakan harus lulus kriteria. Tidak semua Satpam bisa menggunakan seragam baru itu. Hanya satpam yang telah lulus pendidikan dan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diterbitkan oleh Polda di masing-masing daerah.

Dalam prosesnya dijelaskan ada tiga jenis pendidikan yang harus ditempuh oleh masyarakat umum agar dapat bekerja sebagai Satpam. Antara lain pendidikan Gada Pratama (tingkat dasar), dan pendidikan Gada Madya.

Pendidikan Gada Madya boleh diikuti oleh Satpam yang sudah dua tahun dinyatakan lulus pendidikan Gada Pratama dan sudah bekerja. Selanjutnya adalah pendidikan Gada Utama, untuk tingkat manajer pengamanan.

“Kalau untuk penggunaan seragam itu diwajibkan pada seluruh Satpam yang sudah punya KTA, atau telah mengikuti pelatihan minimal Gada Pratama. Jadi tdak sembarang. Yang sudah Diksar (pendidikan dasar) dan kompetensi,” tegasnya.

Termasuk kata Ambang, Satpam yang ada di perumahan-perumahan itu masih akan menggunakan seragam yang lama. Seragam yang baru ini hanya diperuntukkan bagi Satpam yang bekerja di kawasan obyek vital seperti perusahaan, perkantoran, dan fasilitas umum lainnya.

Komentar