Begadangers Lapar Malam-malam? Santap Songkolo Bagadang, Mengenyangkan dan Ramah di Kantong

Minggu, 14 Februari 2021 21:18

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Traveller, jika kamu sedang melancong ke Makassar dan tiba-tiba merasakan lapar saat tengah malam, kamu tak perlu khawatir, ada Songkolo Bagadang yang menunggu untuk disantap.

Songkolo adalah makanan khas Bugis Makassar. Sebagian orang dari wilayah ini menyebutkan dengan nama “sokko”. Sokko terbuat dari beras ketan yang sudah lama dikenal di wilayah Sulawesi Selatan.

Lantas kata ‘bagadang’ bukanlah tanpa maksud. Bagadang merupakan bahasa Makassar yang menunjukkan bahwa makanan ini dijual hingga dini hari, khusus untuk kamu yang sedang begadang.

Songkolo Bagadang disajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah digoreng dengan lauk pendamping ikan asin kering dan telur itik asin. Seporsi songkolo biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dililit atau dilipat.

Kuliner ini terbilang ekonomis dan merakyat. Tak sulit menemukan kudapan murah meriah ini. Puluhan penjual songkolo mangkal di ruas jalan di Makassar. Harganya cukup terjangkau, satu porsi dibanderol seharga Rp 10 ribu sampai 15 ribu saja. Dijamin anda akan kenyang dan dimanjakan dengan kelezatannya. (endra/fajar)

Komentar