Amran Sulaiman, The Next Jusuf Kalla?

Senin, 15 Februari 2021 15:58

Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Indonesia timur, khususnya Sulawesi Selatan adalah gudangnya calon pemimpin di Indonesia. Pemilu akbar 2024 memang tiga tahun lagi. Sudah semestinya para kandidat mulai menampakkan diri agar sejak awal dapat dikenal masyarakat.

Apalagi untuk periode berikutnya tidak akan ada kandidat petahana yang maju mengingat Presiden Jokowi sudah berada pada periode kedua.

Sudah banyak tokoh-tokoh nasional yang muncul dari sini, mulai dari Jendral Yusuf hingga Jusuf Kalla (JK). Lantas siapa yang layak meneruskan ketokohan JK di kancah perpolitikan nasional?

Nama Menteri Pertanian periode 2014-2019, Andi Amran Sulaiman (AAS) perlahan mencuat sebagai tokoh alternatif nasional dari kawasan timur Indonesia. Pria kelahiran Bone, 27 April 1968 itu dinilai cukup menonjol dalam kategori sosok yang jujur, bersih, tegas, anti mafia serta memiliki kinerja yang baik di mata publik.

Pengamat Politik dari Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono menilai AAS saat ini setelah tidak lagi menjabat sebagai Menteri, mulai kembali menjadi rising star, tokoh alternatif yang menurut publik, mungkin saja bisa meneruskan ketokohan JK di panggung nasional.

“Tokoh lain yang juga sebenarnya bagus adalah Pak Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan pak Nurdin Abdullah (NA), tetapi beliau berdua saat ini masih memegang posisi struktural di pemerintahan, pak SYL adalah Menteri Pertanian pengganti pak AAS dan pak NA sekarang masih menjalani masa jabatan sebagai Gubernur Sulawesi Selatan,” kata Arief kepada fajar.co.id, Senin (15/2/2021).

Komentar