Buntut Pemecatan Guru Honorer, Disdik Minta Audit Dana Bos SD 169 Sadar

Senin, 15 Februari 2021 17:19

FAJAR.CO.ID, BONE — Dinas Pendidikan (Disdik) Bone meminta kepada Inspektorat Bone untuk melakukan audit dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD 169 Sadar.

SD 169 Sadar menerima dana bos reguler dan afirmasi. Khusus untuk reguler itu nilainya Rp900 ribu per kepala. SD 169 Sadar memiliki siswa 82. Jika dikalikan total dana bos khusus reguler Rp73,8 juta.

Sedangkan khusus dana bos afirmasi sebanyak Rp60 juta. Gaji honorer sepanjang 2020 sebanyak Rp19 juta untuk 6 honorer. Sebab, diketahui ada enam non ASN di sekolah tersebut.

Sekretaris Disdik Bone, Nur Salam mengatakan, untuk memastikan apakah ada pelanggaran di dalamnya, harus ada bukti formal baru bisa mengambil sikap. Mulai dari belanjanya, dan sebagainya.

“Saya menyarankan SD 169 diaudit belanjanya untuk menepis tanggapan orang pengelolanya. Dan pihak inspektorat yang berwenang memeriksanya. Setelah itu Dinas Pendidikan akan mengambil sikap terhadap hasilnya,” katanya saat ditemui Senin (15/2/2021).

Sementara Anggota Komisi IV DPRD Bone, Rangga Risa Suara menerangkan, Keadilan harus berimbang bukan sepihak. Makanya untuk menyelesaikan permaslahan ini semua pihak harus dihadirkan besok.

“Mulai dari kepsek, kades, kadus, dan tokoh pemuda sebagai pengimbang pernyataan. Termasuk Dinas Keuangan, BKPSDM, dan Disdik. Dan semoga tidak ada lagi Hervina-hervina berikutnya. Cukup ini,” sebutnya. (agung/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI