Din Syamsuddin Dituding Radikal, Rizal Ramli: Kerja Keras Saya 1969-2009 di ITB Ternyata Menghasilkan Banyak Defect Products

Senin, 15 Februari 2021 10:46

Rizal Ramli. Foto: dok/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Mantan Aktivis Dema ITB yang pernah dipenjara di masa Orde Baru menyindir keras GAR-ITB yang menuduh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin radikal.

Sindiran ini disampaikan Rizal Ramli melalui akun Twitternya @RamliRizal, Senin (15/2/2021).

“Forward: Gar-gelo-isme = McCarthy-isme. GAR’gelo-isme (bahasa Sunda: gelo = gendeng). GAR (Gerakan Anti Radikal Radikul) menghancurkan tokoh-tokoh kritis dengan labeling tanpa definisi yang jelas dan bukti,” ungkapnya.

“Gar-gelo-ism itu nyaris sama dengan gejala McCarthy-isme politik Amerika tahun 1950-an,” tegasnya lagi.

Selain itu, mantan Menko Perekonomian era Gus Dur ini juga mengunggah status copy paste di akunnya pada Senin pagi.

Rizal Ramli mengunggah sebuah status berisi copy paste dari sebuah situs media daring yang berjudul “Antara Prof Moedomo dan GAR ITB”.

“Kopas: Membaca tentang GAR ITB, sebagai orang yang pernah terlibat dalam mendidik calon alumni ITB, terus terang saya amat sangat terpukul. Kerja keras saya 1969-2009 di ITB ternyata menghasilkan banyak defect products,” tulis Rizal Ramli dalam status Twitter itu.

Seperti diketahui, Rizal Ramli menamatkan sekolah dasar hingga SMA di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sewaktu menjadi mahasiswa jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), dia pernah didaulat menjadi Presiden Student English Forum (SEF) ITB.

Lalu sebagai Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) ITB dari tahun 1976 hingga 1977.

Komentar