Imlek 2021, NA: Maknai dengan Kerja Keras dan Bersinergi

Senin, 15 Februari 2021 10:00

Salah seorang pengunjung mall memberi angpao ke komunitas barongsai. (Foto: Abe Bandoe/FAJAR)

FAJAR.CO.IDM MAKASSAR — Tiga komunitas Tionghoa di Sulawesi-Selatan, yakni Permabudhi Sulsel, INTI Sulsel dan PSMTI mengelar Bai Nian Virtual, Minggu, 14 Februari 2021. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah.

Bai Nian adalah tradisi mengucapkan salam Tahun Baru Imlek. Bagi masyarakat Tionghoa biasanya akan berkunjung ke rumah saudara atau keluarga yang lebih tua. Mereka yang berumur panjang akan menjadi pertama yang menerima ucapan selamat tahun baru.

Generasi yang lebih muda akan menyapa atau mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dan mengucapkan, “Sin Chun Kiong Hie” atau “Gong Xi Fa Cai” dengan menggunakan sikap Bai nian, yaitu 2 tangan terkepal dan yang menerima ucapan, biasanya akan membalas dengan sikap Bai nian, sambil berucap, “Kiong Hie” atau “Gong Xi”.

Namun, karena perayaan Imlek 2572 jatuh di tengah masa pandemi maka dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom, dengan Tema “Untukmu Negeri Kami Berbakti dan Peduli”.

Selain memberikan salam, acara juga menghadirkan pertunjukan barongsai, tarian dan pakaian khas Thionghoa.

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah mengatakan, dengan bangga hati atas nama pemerintah dan segenap masyarakat Sulsel menyampaikan ucapan selamat.

“Karena masih dalam masa pandemi imlek kali ini tentu sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, meskipun demikian tidak membatasi kita untuk terus menjaga dan memelihara serta menjalin tali persaudaraan dan keharmonisan. Sehingga kita selalu mendapat keberuntungan dan kesehatan,” ucap Nurdin Abdullah.

Komentar