Laporan GAR ITB Disebut Tak Berdasar, Politikus PKS: Mungkin Ini Pesanan

Senin, 15 Februari 2021 21:26

Wakil Ketua Fraksi PKS, Sukamta --jpnn

“Mestinya saat ini elit dan tokoh berikan contoh dengan kedepankan dialog, bukan permusuha,” tambahnya.

Di sisi lain Anggota Komisi I DPR RI ini menilai, Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (Perpres RAN PE) yang belum lama ini dikeluarkan pemerintah akan rawan disalahgunakan oleh elit dan tokoh yang punya watak permusuhan. Mengingat di dalam Perpres tersebut disebutkan adanya pelatihan pemolisian masyarakat.

“Ini yang sejak awal saya kritisi, jangan sampai masyarakat didorong untuk merespon peristiwa dengan sedikit-sedikit memunculkan prasangka negatif, apalagi definisi ekstemisme atau radikalisme bisa subjektif,” tutur dia.

Tak hanya itu Sukamta berharap pemerintah harus ikut turun tangan untuk mendorong dialog antar elit dan tokoh. Karena, hal ini terasa kering sejak Pemilu 2014, tidak ada dialog antar elit dan tokoh, di pusat maupun daerah. Api permusuhan seakan dibiarkan tetap menyala antar pihak pro dan kontra.

“Yang demikian ini jika dibiarkan akan merusak sendi-sendi kerukunan Bangsa dan Bhineka Tunggal Ika. Oleh sebab itu pemerintah harus bisa hadir di tengah semua pihak,” pungkasnya. (jpg/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI