Menilik Kans Taufan Pawe, Salah Satu Penantang Nurdin Abdullah di Pilgub Sulsel

Senin, 15 Februari 2021 19:33

Taufan Pawe

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) didorong agar mempersiapkan diri maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2023.

Meski belum menjawab dengan sikap tegas, Ketua DPD I Golkar Sulsel itu menyambut baik dorongan yang datang dari internal partainya.

Misalnya, Bupati Selayar Basli Ali yang mengaku siap memberikan dukungan penuh. Begitupun dengan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar. Keduanya diketahui adalah Ketua DPD II Partai Golkar.

Lalu bagaimana kans TP di Pilgub Sulsel 2023?

Pengamat politik, Ali Armunanto mengatakan, masih terlalu dini untuk membaca dinamika Pilgub, namun ada sejumlah figur potensial yang bisa mengisi bursa bakal calon gubernur, termasuk TP.

Menurut dia, sebagai Ketua DPD I Golkar Sulsel, TP tidak hanya potensial, tapi juga memiliki alat untuk mengaktualisasikan potensinya.

“Kalau kita lihat, Taufan Pawe punya Golkar untuk aktualisasi, karena yang dibutuhkan sekarang itu,” kata Ali, Senin (15/02/2020).

Kendati demikian, lanjut Ali, TP punya pekerjaan besar untuk mengejar figur yang jauh lebih berpeluang seperti Nurdin Abdullah dan Amran Sulaiman.

“Kira-kira saat ini, yang sangat potensial hanya ada dua. Yakni incumbent Nurdin Abdullah dan mantan Meneteri Pertanian, Amran Sulaiman,” jelasnya.

Di sisi lain, figur-figur yang setara dengan TP ada banyak, seperti Moh Ramdhan ‘Danny Pomanto’, Adnan Purichta Ichsan, Rusdi Masse, dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Komentar