MK Putuskan Sengketa Pilkada di Sulsel Hari Ini, Bulukumba Dinyatakan Selesai

Senin, 15 Februari 2021 15:23

MK Putuskan Sengketa Pilkada di Sulsel

FAJAR.CO.ID. MAKASSAR – Sidang Putusan sengketa Pilkada tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) berlangsung, Senin (16/2/2020). Sidang yang digelar mulai Pukul 09.00 WITA itu membacakan ketetapan terhadap 33 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah.

Dari 33 perkara itu, tiga diantaranya berasal dari Sulsel, yakni Kabupaten Bulukumba, Pangkep dan Luwu Utara. Sidang pleno tersebut digelar secara daring yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi, dan Antarlembaga KPU Sulsel, Uslimin saat dikonfirmasi mengatakan, dari tiga perkara dibacakan hari ini, satu diantaranya telah selesai yaitu Kabupaten Bulukumba.

“Sementara sidang ini. Hari ini 3 (kabupaten), tanggal 17 lagi 2 (Kabupaten Luwu Timur dan Barru). Sebentar lagi masuk Pangkep. Bulukumba sudah tadi jam 10, hasilnya sudah di setop karena pemohonnya mencabut gugatan,” kata Sulsel Uslimin saat diwawancara, Senin (16/2/2021).

Uslimin menyebut, putusan oleh MK nantinya akan menjadi rujukan KPU dalam menetapkan pemenang Pilkada di daerah tersebut. Lima hari setelah putusan calon yang dinyatakan terpilih akan langsung di tetapkan oleh KPU Kota masing-masing daerah.

“Kalau misalkan MK sudah nyatakan dismisal atau dihentikan berarti sudah selesai. Langsung penetapan paling lambat lima hari, setelah putusan itu akan di tindak lanjuti KPU,” sebut Uslimin.

Kasus sengketa di Kabupaten Bulukumba sendiri telah selesai, dimana Pemohon yang diketahui dari nomor urut 2 (Askar HL-Arum Spink) telah mencabut gugatannya di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komentar