Penyebab Janda Cianjur Hamil Tak Terdeteksi

Senin, 15 Februari 2021 08:40

Siti Jainah (jilbab biru toska), perempuan di Cianjur yang tiba-tiba hamil dan melahirkan dalam waktu satu jam bersama bayi berjenis kelamin perempuan yang dilahirkannya. Foto IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengakuan janda Cianjur Siti Jainah (25) bahwa dia hamil dan melahirkan tanpa berhubungan dengan pria, dianggap tidak masuk akal.

Warga Kampung Gabungan RT 02 RW 02 Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diduga tidak menyadari dirinya sedang hamil.

Kepala Puskemas Cidaun H Eman Sulaeman mengatakan hal seperti itu biasa terjadi di dunia medis.

“Dalam dunia medis ada yang disebut cryptic pregnancy atau hamil samar, dimana si ibu tidak menyadari dirinya sedang hamil dan baru tau setelah tiba waktunya melahirkan, jadi hal ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi, walaupun kasusnya tidak banyak,” ucap Eman, dilansir Radar Cianjur (grup Pojoksatu.id), Minggu (14/2).

Eman menambahkan, kehamilan yang tersembunyi itu bisa disebabkan dari bentuk organ tubuh dan riwayat KB yang dipakai. Sehingga proses kehamilannya tidak bisa terdeteksi.

“Adapun kabar yang beredar di kalangan masyarakat itu wajar, karena secara awam tidak mengetahui proses kehamilan, sedangkan proses kehamilan itu ada beberapa tahapan, salah satunya proses kehamilan tersembunyi,” jelasnya.

“Setelah saya cek ke lokasi bersama pa Kapolsek serta pak camat, keadaan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat, begitupun proses kelahiranya juga normal,” sambungnya.

Riska Setiani, bidan Puskesmas Cidaun, Cianjur menceritakan pengalamannya membantu persalinan Siti.

Komentar