Pernyataan Pak JK Bikin Heboh, Politikus PKB: Dia Pernah Dampingi Jokowi, Paham Cara Berkomunikasi

Senin, 15 Februari 2021 19:46

Jokowi dan JK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Politisi PKB Daniel Johan mengatakan, Jusuf Kalla (JK) paham betul cara berkomunikasi dan menyampaikan kritik. Untuk itu, JK tak perlu direspon reaktif oleh pemerintah.

Wapres ke-10 dan 12, Jusuf Kalla melayangkan kritiknya terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan menanyakan bagaimana cara mengkritik pemerintah agar tidak ditangkap polisi.

Pernyataan tersebut dipandang sebagai sindiran pada pemerintah yang kerap menangkap pengkritiknya, seperti contoh Habib Rizieq Shihab, Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat, dan para pengkritik lainnya yang dijerat dengan UU ITE.

Pihak istana pun bereaksi atas pernyataan Jusuf Kalla tersebut. Tenaga Ahli Kepresidenan Ade Irfan Pulungan menuding Jusuf Kalla memprovokasi masyarakat dengan kritiknya itu.

Menyikapi hal tersebut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa, Daniel Johan mengatakan, JK paham betul bagaimana cara berkomunikasi dan menyampaikan kritik dengan baik.

“Pak JK itu pernah mendampingi Presiden Jokowi jadi paham bagaimana berkomunikasi dan menyampaikan kritik,” kata Daniel, Senin (15/2).

Dia menambahkan, Presiden Jokowi juga telah membuka pintu kepada masyarakat untuk mengkritik. Sehingga, seharusnya tak masalah siapapun bebas mengkritisi kinerja pemerintah.

“Presiden Jokowi sendiri secara jelas sudah menyampaikan bahwa pemerintah butuh kritik, jadi tidak perlu direspon secara reaktif seperti itu, nanti malah merugikan Pak Jokowi sendiri,” jelasnya.

Sebelumnya, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan sindiran atas permintaan Presiden Jokowi agar masyarakat memberikan kritik keras kepada pemerintah.

Komentar