Saran soal Perpres 14/2021, Marzuki Alie: Harusnya Dibalik dari Sanksi jadi Reward

Senin, 15 Februari 2021 21:49

Marzuki Alie. (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Joko Widodo meneken Peraturan Presiden (Perpres) No 14/2021. Perpres 14/2021 menerangkan tentang Perubahan atas Peraturan Presiden No. 99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi

Diketahui dalam Perpres 14/2021 tersebut telah diatur sejumlah sanksi bagi warga yang menolak divaksinasi Covid-19.

Selain itu, terdapat pula aturan yang memuat pemberian kompensasi untuk peserta vaksinasi yang mengalami kecacatan atau meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19.

Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Ali memberikan saran sebaiknya pemerintah memberikan penghargaan atau apresiasi bagi mereka yang dengan suka rela mengikuti vaksin Covid-19. Bukan malah memberikan ancaman hukuman.

“Bapak Presiden @jokowi saran saja, apa gak sebaiknya perpres 14/2021, dibalik dari sanksi menjadi reward,” kata Marzuki dikutip fajar.co.id di akun Twitternya, Senin (15/2/2021).

Politisi Partai Demorkat itu memberikan contoh bagi mereka yang sudah divaksin diberi insentif. Termasuk memberikan bantuan sosial (bansos) kepada penerima vaksin tersebut.

“Misalnya: bagi yang sudah didaftar untuk divaksinasi, mereka masuk golongan penerima bansos, diberikan insentif berupa uang jalan dan uang makan, saya yakin vaksinasi akan berhasil, jangan sanksi,” pungkasnya. (msn/fajar)

Komentar