Program Vaksinasi COvid-19, Wapres Ingatkan Ini kepada Kapolri

Selasa, 16 Februari 2021 14:11

Wakil Presiden Ma'ruf Amin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan seluruh jajarannya menyukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Dia mewanti-wanti bahwa tugas tersebut jangan sampai gagal dan harus berhasil.

Bagi yang menolak atau menghalangi vaksinasi Covid-19 ada sanksi administratif yang sudah diatur dalam Perpres nomor 14 tahun 2021.

“Program vaksinasi harus berhasil dan tidak boleh gagal,” kata Kiai Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik lingkup Polri tahun 2020 secara daring, Selasa (16/2).

Kiai Ma’ruf mengakui upaya pemerintah menangani masalah Covid-19 masih jauh dari tuntas.

Sejak pertengahan Januari 2021, pemerintah memulai program vaksinasi massal dengan sasaran 182 juta atau 72 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Upaya tersebut menurut Kiai Ma’ruf, merupakan program vaksinasi terbesar dan paling menentukan yang pernah dilaksanakan sehingga harus berhasil.

Dia kembali mengingatkan agar program ini jangan sampai gagal karena ini menyangkut ketahanan tubuh masyarakat.

Untuk itu pada 9 Februari 2021, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Perpres 14 tahun 2021 yang intinya menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 sifatnya wajib bagi mereka yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan.

Perpres tersebut juga menetapkan sanksi administratif bagi mereka yang menolak atau menghalangi vaksinasi Covid-19.

Komentar