Soroti Tayangan TV, Ini Hasil Evaluasi KPI dan Satgas Covid-19

Selasa, 16 Februari 2021 22:54

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Satgas Penanganan Covid-19 menggelar rapat evaluasi terkait penegakan protokol kesehatan dalam industri penyiaran, khsususnya televisi. Rapat evaluasi tersebut dilaksanakan via daring, Selasa (16/2/2021).

KPI Pusat menyampaikan sejumlah kesulitan yang dihadapi. Salah satunya terkait proses syuting sinetron yang dinilai sejumlah pihak tidak tampak mengikuti protokol kesehatan dalam sebuah pengadeganan. Berbeda dengan program talkshow dan variety show yang memang diharuskan mengikuti protokol kesehatan.

’’Beberapa hal yang muncul tadi disampaikan penyesuaian dalam produksi sinetron termasuk juga kesulitan dalam variety show, talkshow, dan lain-lain,’’ kata Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo kepada JawaPos.com (grup FAJAR).

Dia mengungkapkan, aturan terperinci memang belum dibuat dalam rapat evaluasi tadi siang. Namun pertemuan yang diikuti secara langsung oleh Doni Monardo meminta KPI Pusat membuat aturan menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

“Keputusan secara rinci memang belum ada, tapi kesepakatan tadi kita mau menyusun penerapan protokol kesehatan bersama-sama antara KPI, satgas dan juga teman-teman TV,” paparnya.

Kemungkinan dalam satu minggu ini KPI akan mengundang pihak televisi untuk membicarakan mengenai aturan protokol kesehatan dalam tayangan televisi, khususnya dalam sinetron.

“Tanggal belum, tapi target kami seminggu ini. Karena kita harus bergerak cepat, pandemi belum selesai dan kita gak boleh lengah,” tuturnya.

Komentar