Temui Menteri KKP, Bupati ASA Perjuangkan Kesejahteraan Nelayan

Selasa, 16 Februari 2021 17:48

(IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Berbagai upaya dilakukan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) untuk memperjuangkan kesejahteraan nelayan di daerahnya. Salah satunya melakukan kunjungan ke kediaman Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono.

Lulusan Magister Monash University, Australia itu memaparkan, potensi perikanan di Kabupaten Sinjai cukup melimpah. Namun, potensi ini ternyata belum memberikan dampak signifikan terhadap pendapatan dan peningkatan kesejahteraan nelayan.

ASA mengungkap, produksi perikanan Sinjai tahun 2017 tercatat sebesar 38.378,80 ton atau sekitar 69,8 persen dari 55 ribu ton potensi yang tersedia.

Berbagai jenis ikan yang menjadi andalan perikanan Sinjai di antaranya, cakalang, tongkol, tuna, tenggiri, teri, kembung, belanak, ekor kuning, dan kerapu. Belum lagi potensi perikanan budi dayanya, salah satunya lobster.

“Kalau kita sebut Sinjai, yang paling pertama diingat adalah banyak ikannya, bahkan kita menyuplai kebutuhan ikan di Sulsel hingga lintas provinsi,” ucap ASA, Senin (15/2/2021)

Kendati, sejauh ini potensi tersebut belum dikelola secara maksimal. Padahal Sinjai merupakan salah satu kabupaten yang memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) cukup besar, baik di Kelurahan Lappa maupun di Desa Tongke-tongke.

Hanya saja, ketersediaan sarana dan prasarana masih relatif kurang menunjang dalam pengelolaannya, baik fasilitas pokok, pendukung, maupun penunjang. Kondisi ini menjadi penyebab minimnya pengelolaan potensi perikanan ini.

Komentar