Angkat Sekda Jadi Plh Bupati, Surat Tugas Diserahkan ke 10 Kabupaten di Sulsel

Rabu, 17 Februari 2021 12:20

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala (Ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Surat Tugas Plh Bupati telah diserahkan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah kepada Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing kabupaten, di Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, (17/2/2021).

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala, mengatakan bahwa terdapat 10 Sekda kabupaten yang diberi surat tugas.

“Sepuluh. Jadi bukan SK, tapi surat tugas. Untuk mengisi, adakan namanya vakum of power. Tidak boleh kan terjadi namanya vakum of power. Pukul 00.00 sebentar harus ada Plh Bupati, untuk menghindari vakum of power,” jelasnya.

10 kabupaten tersebut meliputi, Maros, Gowa, Bulukumba, Barru, Pangkep, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Soppeng, Kepulauan Selayar. Kota Makassar tidak masuk karena masih dijabat Pj. Sedangkan Toraja Utara, masa jabatan Bupatinya belum selesai.

Sebelumnya, Nurdin Abdullah telah menegaskan bahwa jika pelantikan 17 Februari belum bisa dilakukan, maka Sekda masing-masing kabupaten/kota akan diangkat untuk menjabat sementara.

“Plh nya adalah Sekda kecuali Makassar. Karena Makassar kan Pj. Pj masih ada. Pj akan berakhir setelah dilantik pejabat terpilih, kata Nurdin Abdullah, beberapa hari yang lalu.

Lebih lanjut kata Nurdin, pelantikan di Sulsel akan dilakukan secara serentak. “Yang pasti kita akan melantik secara serentak. Nda bisa kita tentukan sekarang. Kecuali SK sudah ditangan, kita langsung umumkan rencana pelantikan serentak,” lanjutnya.

Komentar