Diminta Virtual, Nurdin Abdullah Harap Pelantikan Kepala Daerah Digelar Tatap Muka

Rabu, 17 Februari 2021 19:47

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menginstruksikan untuk melakukan pelantikan Kepala Daerah terpilih pada Pilkada 2020 secara virtual, demi menghindari penularan Covid-19.

Namun, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap agar pelantikan dapat dilakukan secara tatap muka. Artinya, hanya Kepala Daerah dan wakilnya yang akan dihadirkan.

“Apakah tidak sebaiknya Bupati dan Wakil Bupati aja yang datang, karena takutnya kalau di daerah bisa-bisa ngumpul lagi para pendukung dan sebagainya mau lihat Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kotanya dilantik. Ini juga tentu kami akan memberi saran,” ucap Nurdin Abdullah, Rabu (17/2/2021).

Jangan sampai, lanjur Nurdin, pelantikan digelar secara virtual mengakibatkan potensi berkerumun khususnya di daerah lebih besar, sehingga apabila pelantikan tetap digelar secara langsung dengan membatasi hanya Bupati dan Wakil Bupati yang hadir maka dinilai mampu mencegah penularan virus corona.

“Jadi mana yang lebih kira-kira memberikan efek baik terhadap penekanan penularan Covid-19. Jadi kita pokoknya arahan Menteri Dalam Negeri secara virtual, tapi beberapa daerah memberikan masukan kepada kita,” lanjutnya.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala, menyampaikan, beberapa daerah meminta untuk dilakukan pelantikan secara tatap muka.

“Bisa saja yang lain diundang Bupatinya ke sini, yang lainnya virtual. Forkopimda tinggal di daerah, yang dilantik di sini. Ini permintaannya beberapa daerah supaya sreg katanya,” imbuhnya. (mg10/fajar)

Komentar