Google Doodle Tampilkan Marie Thomas, Sosok Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Rabu, 17 Februari 2021 14:44

Google Doodle Marie Thomas

FAJAR.CO.ID, Anda mengakses laman Google hari ini. Google Doodle menampilkan ilustrasi yang berbeda sengan sosok seorang dokter perempuan menggendong bayi. Ilustrasi tersebut merupakan Marie Thomas. Dokter perempuan pertama di Indonesia.

Penasaran dengan sosoknya?

Ia lahir 17 Februari 1896 berasal dari Likupang, Minahasa Utara. Lulusan Meisjesschool (sekolah gadis) di Yogyakarta pada tahun 1912.

Kemudian melanjutkan ke School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Dokter Jawa di Batavia.Marie Thomaspada 26 April 1922, lulus ujian akhir.

Karier Marie Thomas

Para dokter lulusan STOVIA diwajibkan untuk menjalani ikatan dinas sebagai dokter pemerintah setidaknya selama sepuluh tahun.

Dalam Ensiklopedia Umum disebutkan bahwa dokter Marie Thomas pernah bertugas di Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) yang sekarang menjadi Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Selain di Batavia, dirinya juga pernah ditugaskan di Cirebon, Manado, hingga Bukittinggi.

Marie Thomas kemudian menikah dengan seorang dokter bernama Mohammad Joesoef pada tanggal 16 Maret 1929 dan bertolak ke Padang, Sumatera Barat, kampung halaman sang suami.

Di sana, Marie Thomas bekerja di Layanan Kesehatan Masyarakat setempat atau yang saat itu disebut Dienst der Volsgezondheid.

Setelah beberapa tahun menghabiskan waktu di Padang, Marie Thomas lalu kembali ke Batavia untuk menjadi anggota partai Persatuan Minahasa.

Komentar