Gugatan Pilkada 5 Kabupaten di Sulsel Dinyatakan Kelar oleh MK, Siap Ramaikan Pelantikan Serentak

Rabu, 17 Februari 2021 21:12

ILUSTRASI: Pilkada (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Lima kabupaten di Sulsel yang menggugat hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) dinyatakan telah selesai. Sehingga, lima kabupaten tersebut sudah dapat mengikuti pelantikan pada akhir Februari mendatang.

Berdasarkam Sidang Pengucapan Putusan dan Ketetapan pada hari ini, Rabu, (17/2/2021), MK telah memutuskan perkara Luwu Timur dan Barru telah selesai. Sedangkan pada hari Senin, (15/2/2021) sebelumnya, MK telah memutuskan 3 kabupaten yang selesai gugatannya, yakni Pangkep, Bulukumba dan Lutra.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, telah menegaskan bahwa pelantikan pada akhir Februari mendatang akan diselenggarakan serentak untuk seluruh kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan Pilkada kecuali Toraja Utara, apabila gugatan di MK telah selesai.

“Sengketa juga kita tunggu hari ini keputusan MK. Apakah lanjut atau ditolak. Kalau MK menolak lagi berarti semuanya akan ditolak. Yang nanti sebelas,” kata Nurdin Abdullah, ketika ditemui di kantornya, Rabu (17/2/2021).

Labih lanjut kata Nurdin, saat ini ia masih menunggu surat Keputusan (SK) dari Kemendagri untuk bisa menentukan jadwal pelantikan. Pelantikan serentak akan dilakukan pada minggu keempat Februari.

“Jadi sesuai dengan arahan surat Menteri Dalam Negeri, bahwa rencana pelantikan serentak itu dilakukan pada Minggu keempat, di akhir bulan. Jadi tidak ada tanggal yang ditetapkan. Kenapa, karena kita kan belum mendapat SK nya,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
6
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar