Hina Presiden Xi Jinping di Youtube, Dua Produser Video Hilang Misterius

Rabu, 17 Februari 2021 21:47

Presiden Tiongkok, Xi Jinping. (CNBC.com)

FAJAR.CO.ID — Dua produser video di Tiongkok kini menghilang misterius usai mengejek Presiden Tiongkok Xi Jinping di YouTube.

Dalam konten YouTube, mereka menyamakan Xi Jinping dengan roti kukus. Video itu sendiri telah dihapus karena dugaan pelanggaran hak cipta.

Dilansir dari Asia News, Selasa (16/2/2021), dua produser video online Tiongkok menghilang pada malam Tahun Baru Imlek. Keduanya telah dilaporkan hilang oleh kepala Qiang Guo Wa Ha.

Salah satu dari beberapa saluran YouTube yang bernama Ru Bao, dua produser itu mengejek Xi dengan istilah Mandarin. Istilah itu digunakan untuk menggambarkan mengejek presiden.

Menurut surat kabar Apple Daily dan Radio Free Asia, ketua dan manajer saluran YouTube Ru Mo Xin Lian She menghilang. Secara online, beberapa saluran menyebut Xi sebagai Bao Zi atau roti kukus dalam bahasa Mandarin. Ejekan itu terkait kunjungan Xi ke restoran di Beijing dan memesan roti pada Desember 2013.

Saluran Ru Bao juga menggambarkan pemimpin Tiongkok sebagai Winnie the Pooh, beruang animasi yang dipopulerkan oleh Disney. Dalam beberapa hari terakhir YouTube telah menghapus beberapa video yang diposting dari saluran yang mengejek Xi, yang seolah-olah melanggar hak cipta Shanghai Hode Information Technology Co Ltd. (jpg)

Komentar