Nurdin Abdullah: Pelantikan Serentak Akhir Februari

Rabu, 17 Februari 2021 16:01

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Kepala Daerah Kabupupaten/Kota yang terpilih dalam Pilkada 2020 akan dilantik pada akhir Februari mendatang. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Nurdin belum memastikan tepatnya tanggal berapa. Karena Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri belum diterima hingga hari ini. “Dilakukan akhir bulan. Jadi tidak ada tanggal. Karena kita belum dapat SK nya. Yang pasti pelantikan dilakukan pada Minggu ke empat,” kata Nurdin Abdullah, ketika ditemui di Kantor Gubernur, Rabu, (17/2/2021).

Lebih lanjut kata orang nomor satu di Sulsel tersebut, sebelas daerah akan dilantik secara serentak apabila hasil gugatan di Mahkamah Konstitusi telah selesai. Kabupaten/kota yang dimaksud meliputi, Makassar, Maros, Gowa, Barru, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Pangkep, dan Soppeng.

“SKnya belum selesai. Ada kan juga masih dalam sengketa. Ada sebelas yang akan dilantik (jika perkara di MK selesai), kita tunggu hari ini kalau sudah keluar hasilnya,” jelas Nurdin.

Senada dengan itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel, Hasan Basri Ambarala, juga menegaskan bahwa sebanyak sebelas kepala daerah yang akan dilantik secara serentak jika perkara di MK sudah selesai.

“Semuanya sudah. Kan sudah paripurna semua. Sisa menunggu sebenarnya ini proses MK. Kalau tidak ada proses MK, selesai ini barang. Akhir bulan selesai semua dilantik pak gubernur,” tuturnya.

Komentar