PSM Makassar Bisa Tiru Chelsea, Optimalkan Pemain Muda

Rabu, 17 Februari 2021 15:02

Sadakati Sukma / IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PSM Makassar mungkin bisa meniru management Chelsea dengan memanfaatkan pemain akademi. Hal tersebut usai ancaman sanksi FIFA yang melarang PSM untuk mendaftarkan pemain di 3 periode transfer. 

Pada Maret 2019, FIFA menjatuhkan hukuman kepada Chelsea berupa larangan mendaftarkan pemain baru untuk dua jendela transfer atau mudahnya mereka dilarang melakukan transaksi pada bursa transfer musim panas 2019 dan musim dingin 2020.

Chelsea sempat dijatuhi hukuman setelah Komisi Disiplin FIFA memutuskan klub London itu telah melanggar aturan terkait transfer internasional 29 pemain di bawah usia 18 tahun.

Chelsea dilarangan mendaftarkan pemain baru untuk dua jendela transfer. Mudahnya, Chelsea dilarang bertransaksi pada bursa transfer musim panas 2019 dan musim dingin 2020. Namun, itu bukan menjadi hambatan bagi Chelsea. Bermodal pemain-pemain akademi, Chelsea masih dapat bersaing di papan atas klasemen 2019-2020. 

Kondisi tersebut justru membuahkan berkah tersendiri bagi pemain muda Chelsea. Pemain muda seperti Mason Mount, Rice James, Fikayo Tomori, Tammy Abraham dan Billy Gilmour akhirnya dapat menunjukan talentanya di Skuad utama Chelsea. 

Ini yang harus menjadi fokus yang dapat menjadi contoh bagi PSM Makassar. Jika FIFA memang benar-benar menjatuhi hukuman. Pemanfaatan pemain muda harus menjadi opsi bagi PSM. 

“Ini bisa menjadi peluang pemain-pemain muda untuk dapat menunjukan diri, dengan segala keterbatasan ini dapat menjadi potensi,” ujar Sekjen Red Gank PSM Makassar, Sadakati Sukma, Selasa (16/2/2021). 

Komentar