Ruas Jalan Maros-Parepare Kerap Rusak, DPR: Kalau Butuh Anggaran Besar, Bilang!

Rabu, 17 Februari 2021 12:25

Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Proyek-proyek strategis berupa pembangunan infrastruktur harus mampu memberi manfaat yang besar bagi masyarakat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kondisi jalan poros nasional mulai dari Kabupaten Maros, Pangkep, Barru hingga Kota Parepare yang selalu saja rusak dan berlubang setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady saat dijumpai di Makassar, Selasa (16/2/2021). Menurut dia Balai Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus serius melakukan analisis data dengan baik. Pasalnya, jalan belum cukup satu tahun sudah rusak dan berlubang-lubang.

Menurutnya, selain faktor hujan dan dilalui kendaraan berat, buruknya kualitas pengerjaan menjadi penyebab kerusakan di jalan poros tersebut. Akibatnya sering terjadi kecelakaan, kerusakan kendaraan serta menimbulkan kemacetan.

“Saya kritisi karena jalanan ini selalu saja rusak. Diperbaiki bagian sini, bagian sana yang rusak. Begitu sebaliknya,” tegas Hamka.

Dari data analisis tersebut mencakup berapa kilometer yang harus diperbaiki serta anggaran yang dibutuhkan, Hamka yang juga duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu meminta Kementerian PUPR mengajukan anggaran sekaligus.

“Saya minta Kementerian PU cari akar masalahnya apa. Kalau perlu, butuh anggaran besar untuk memperbaiki secara keseluruhan, diajukan saja sekalian. Jangan mengajukan sedikit-sedikit tapi rusak terus jalanannya. Secara teknis menurut saya ada kesalahan,” gumamnya.

Bagikan berita ini:
4
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar