Berkat BTN, Lebih Mudah Beli Rumah di Masa Pandemi

Kamis, 18 Februari 2021 17:38

Suasana layanan di BTN Cabang Makassar. Warga kini semakin mudah memiliki rumah berkat bantuan pembiayaan dari BTN. (Idham ama/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Masyarakat berpenghasilan rendah tak pernah bermimpi memiliki rumah sendiri. Apalagi pada masa pandemi Covid-19. Pilihannya hanya tertuju pada rumah kontrakan.

Namun stigma tersebut tak berlaku bagi Ardi. Warga Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar itu ternyata bisa memiliki rumah sendiri. Ardi sangat terbantu fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara (BTN). Dia mendapat bantuan uang muka KPR hingga Rp40 juta dari skema Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). 

Ardi kini sudah bisa hidup tenang. Dia sudah memiliki rumah dari hasil jerih payahnya.

Ardi mengaku sangat bersyukur bisa membawa anak dan istrinya tinggal di rumah sendiri. Bukan lagi rumah kontrakan yang dibayar jutaan rupiah setiap tahun, namun tak membuat mereka berstatus sebagai pemilik.

Rumah Ardi tidak besar, hanya ada dua kamar tidur, ruang tamu, satu kamar mandi, dan dapur. Juga ada sedikit pekarangan yang bisa ditanami sayur-sayuran hingga tanaman hias. Namun itu sudah membuatnya bahagia bersama keluarga kecilnya.

“Walau rumah kecil, terasa istimewa sekali,” ujar Ardi diamini istrinya, Nani saat ditemui di kediamannya, Senin, 15 Februari.

Meski begitu, rumah yang ditempeli logo BTN pada bagian dinding depan sudah cukup terasa luas bagi Ardi. Perjuangannya selama bertahun-tahun tinggal di kontrakan, langsung terbayar setelah proses akad KPR selesai diteken pada pertengahan 2020. 

Komentar