Rachland Nashidik: Membanggakan, Kini Indonesia Mampu Membuat Kapal Selam Sendiri!

Kamis, 18 Februari 2021 11:23

Politikus Demokrat Rachland Nashidik-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam sendiri.

Prestasi itu diklaim sebagai capaian pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jokowi pada 2014 di Busan, Korea Selatan, mengesankan ini kebijakannya. Pada kampanye Pilpres 2019, Jokowi juga kembali mengesankan dirinya yang punya gawe. Benarkah? Bohong,” kata politisi Demokrat, Rachland Nashidik, dikutip dari akun Twitter pribadinya, @RachlanNashidik, Kamis (17/2).

Menurut Rachland, bila kini PT PAL mampu membuat kapal selam canggih, jejaknya dimulai pada 2006.

Menhan Juwono Sudarsono kala itu mengantar Menhan Korsel bertemu Presiden SBY. Usai pertemuan, Menhan mengatakan, “pembuatan kapal selam dari Korsel adalah opsi Indonesia 5 sampai 10 tahun ke depan”.

Persis 5 tahun kemudian, 2011, Indonesia menandatangani pembelian 3 Kapal Selam dengan perjanjian alih teknologi dengan Korea Selatan.

“Satu dibuat oleh Korsel, kedua dibuat di Korsel dengan kesertaan Insinyur Indonesia, dan ketiga dibuat sepenuhnya oleh Indonesia di PT PAL. Deal!,” katanya.

Tahun sebelumnya, dengan PP No. 5 tahun 2010, Presiden SBY mencanangkan Kebijakan Minimum Essential Force (MEP) yang ditetapkan dalam RPJM 2010-2014. Bagian dari pembangunan nasional dalam bidang pertahanan.

Tahun 2012, terbit UU No. 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Ditetapkan di situ, alih teknologi dalam kerjasama antar-Industri Pertahanan adalah wajib. Itu setahun setelah Indonesia menandatangani kerjasama alih-teknologi dengan Korsel dalam pembuatan Kapal Selam.

Komentar